Senin, 15 November 2010

Moto GP dan Sekilasnya

MOTOGP TROPHY

Sejarah MotoGP

Kejuaraan dunia untuk balap motor pertama kali di selenggarakan oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), pada tahun 1949. Pada saat itu secara tradisional telah di selenggarakan beberapa balapan di tiap even untuk berbagai kelas motor, berdasarkan kapasitas mesin, dan kelas untuk sidecars (motor bersespan). Kelas-kelas yang ada saat itu adalah 50cc, 125cc, 250cc, 350cc, dan 500cc untuk motor single seater, serta 350cc dan 500cc untuk motor sidecars. Memasuki tahun 1950-an dan sepanjang 1960-an, motor bermesin 4 tak mendominasi seluruh kelas. Pada akhir 1960-an, motor bermesin 2 tak mulai menguasai kelas-kelas kecil. Di tahun 1970-an motor bermesin 2 tak benar-benar menyingkirkan mesin-mesin 4 tak. Pada tahun 1979, Honda berusaha mengembalikan mesin 4 tak di kelas puncak dengan menurunkan motor NR500, namun proyek ini gagal, dan di tahun 1983 Honda bahkan meraih kemenangan dengan motor 500cc 2 tak miliknya. Pada tahun 1983, kelas 350cc akhirnya dihapuskan. Kelas 50cc kemudian digantikan oleh kelas 80cc di tahun 1984, tetapi kelas yang sering di dominasi oleh pembalap dari Spanyol dan Italia ini akhirnya ditiadakan pada tahun 1990. Kelas sidecars juga ditiadakan dari kejuaraan dunia di tahun 1990-an, menyisakan kelas 125cc, 250cc, dan kelas 500cc.

GP 500, kelas yang menjadi puncak balap motor Grand Prix, telah berubah secara dramatis pada tahun 2002. Dari pertengahan tahun 1970-an sampai 2001 kelas puncak dari balap GP ini dibatasi 4 silinder dan kapasitas mesin 500cc, baik jenis mesin 4 tak ataupun 2 tak. Akibatnya, yang mampu bertahan adalah mesin 2 tak, yang notabene menghasilkan tenaga dan akselerasi yang lebih besar. Pada tahun 2002 sampai 2006 untuk pertama kalinya pabrikan di ijinkan untuk memperbesar kapasitas total mesin khusus untuk mesin 4 tak menjadi maksimum 990cc,dan berubah menjadi 800cc di musim 2007.pabrikan juga diberi kebebasan untuk memilih jumlah silinder yang digunakan antara tiga sampai enam dengan batas berat tertentu. Dengan di bolehkannya motor 4 tak ber-cc besar tersebut, kelas GP 500 diubah namanya menjadi MotoGP. Setelah tahun 2003 tidak ada lagi mesin 2 tak yang turun di kelas MotoGP. Untuk kelas 125cc dan 250cc secara khusus masih menggunakan mesin 2 tak.

Balap untuk kelas MotoGP saat ini diselenggarakan sebanyak 17 seri di 15 negara yang berbeda (Spanyol menggelar 3 seri balapan). Balapan biasa di gelar setiap akhir pekan dengan beberapa tahap. Hari Jum’at di gelar latihan bebas dan latihan resmi pertama, kemudian hari Sabtu dilaksanakan latihan resmi kedua dan QTT, dimana para pembalap berusaha membuat catatan waktu terbaik untuk menentukan posisi start mereka. Balapan sendiri digelar pada hari Minggu, meskipun ada seri yang digelar hari Sabtu yaitu di Belanda dan Qatar. Grid (baris posisi start) terdiri dari 3 pembalap perbaris dan biasanya setiap seri balap diikuti oleh sekitar 20 pembalap. Balapan dilaksanakan selama sekitar 45 menit dan pembalap berlomba sepanjang jumlah putaran yang ditentukan, tanpa masuk pit untuk mengganti ban atau mengisi bahan bakar. Balapan akan diulang jika terjadi kecelakaan fatal di awal balapan. Susunan grid tidak berubah sesuai hasil kualifikasi. Pembalap boleh masuk pit jika hanya untuk mengganti motor karena hujan saat balapan.

Daftar Juara Dunia 500cc/MotoGP:

Musim- Negara – Pembalap – Konstruktor

1949 UK Leslie Graham AJS

1950 ITA Umberto Masetti Norton

1951 UK Geoff Duke Norton

1952 ITA Umberto Masetti Gilera

1953 UK Geoff Duke Gilera

1954 UK Geoff Duke Gilera

1955 UK Geoff Duke Gilera

1956 UK John Surtees MV Agusta

1957 ITA Libero Liberati Gilera

1958 UK John Surtees MV Agusta

1959 UK John Surtees MV Agusta

1960 UK John Surtees MV Agusta

1961 RAN Gary Hocking MV Agusta

1962 UK Mike Hailwood MV Agusta

1963 UK Mike Hailwood MV Agusta

1964 UK Mike Hailwood MV Agusta

1965 UK Mike Hailwood MV Agusta

1966 ITA Giacomo Agostini MV Agusta

1967 ITA Giacomo Agostini MV Agusta

1968 ITA Giacomo Agostini MV Agusta

1969 ITA Giacomo Agostini MV Agusta

1970 ITA Giacomo Agostini MV Agusta

1971 ITA Giacomo Agostini MV Agusta

1972 ITA Giacomo Agostini MV Agusta

1973 UK Phil Read MV Agusta

1974 UK Phil Read MV Agusta

1975 ITA Giacomo Agostini Yamaha

1976 UK Barry Sheene Suzuki

1977 UK Barry Sheene Suzuki

1978 USA Kenny Roberts Yamaha

1979 USA Kenny Roberts Yamaha

1980 USA Kenny Roberts Yamaha

1981 ITA Marco Lucchinelli Suzuki

1982 ITA Franco Uncini Suzuki

1983 USA Freddie Spencer Honda

1984 USA Eddie Lawson Yamaha

1985 USA Freddie Spencer Honda

1986 USA Eddie Lawson Yamaha

1987 AUS Wayne Gardner Honda

1988 USA Eddie Lawson Yamaha

1989 USA Eddie Lawson Honda

1990 USA Wayne Rainey Yamaha

1991 USA Wayne Rainey Yamaha

1992 USA Wayne Rainey Yamaha

1993 USA Kevin Schwantz Suzuki

1994 AUS Michael Doohan Honda

1995 AUS Michael Doohan Honda

1996 AUS Michael Doohan Honda

1997 AUS Michael Doohan Honda

1998 AUS Michael Doohan Honda

1999 ESP Àlex Criville Honda

2000 USA Kenny Roberts, Jr. Suzuki

2001 ITA Valentino Rossi Honda

2002 ITA Valentino Rossi Honda

2003 ITA Valentino Rossi Honda

2004 ITA Valentino Rossi Yamaha

2005 ITA Valentino Rossi Yamaha

2006 USA Nicky Hayden Honda

2007 AUS Casey Stoner Ducati

2008 ITA Valentino Rossi Yamaha

2009 ITA Valentino Rossi Yamaha

2010 ESP Jorge Lorenzo Yamaha

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More