Sejarah MotoGP
GP 500, kelas yang menjadi puncak balap motor Grand Prix, telah berubah secara dramatis pada tahun 2002. Dari pertengahan tahun 1970-an sampai 2001 kelas puncak dari balap GP ini dibatasi 4 silinder dan kapasitas mesin 500cc, baik jenis mesin 4 tak ataupun 2 tak. Akibatnya, yang mampu bertahan adalah mesin 2 tak, yang notabene menghasilkan tenaga dan akselerasi yang lebih besar. Pada tahun 2002 sampai 2006 untuk pertama kalinya pabrikan di ijinkan untuk memperbesar kapasitas total mesin khusus untuk mesin 4 tak menjadi maksimum 990cc,dan berubah menjadi 800cc di musim 2007.pabrikan juga diberi kebebasan untuk memilih jumlah silinder yang digunakan antara tiga sampai enam dengan batas berat tertentu. Dengan di bolehkannya motor 4 tak ber-cc besar tersebut, kelas GP 500 diubah namanya menjadi MotoGP. Setelah tahun 2003 tidak ada lagi mesin 2 tak yang turun di kelas MotoGP. Untuk kelas 125cc dan 250cc secara khusus masih menggunakan mesin 2 tak.
Balap untuk kelas MotoGP saat ini diselenggarakan sebanyak 17 seri di 15 negara yang berbeda (Spanyol menggelar 3 seri balapan). Balapan biasa di gelar setiap akhir pekan dengan beberapa tahap. Hari Jum’at di gelar latihan bebas dan latihan resmi pertama, kemudian hari Sabtu dilaksanakan latihan resmi kedua dan QTT, dimana para pembalap berusaha membuat catatan waktu terbaik untuk menentukan posisi start mereka. Balapan sendiri digelar pada hari Minggu, meskipun ada seri yang digelar hari Sabtu yaitu di Belanda dan Qatar. Grid (baris posisi start) terdiri dari 3 pembalap perbaris dan biasanya setiap seri balap diikuti oleh sekitar 20 pembalap. Balapan dilaksanakan selama sekitar 45 menit dan pembalap berlomba sepanjang jumlah putaran yang ditentukan, tanpa masuk pit untuk mengganti ban atau mengisi bahan bakar. Balapan akan diulang jika terjadi kecelakaan fatal di awal balapan. Susunan grid tidak berubah sesuai hasil kualifikasi. Pembalap boleh masuk pit jika hanya untuk mengganti motor karena hujan saat balapan.
Daftar Juara Dunia 500cc/MotoGP:
Musim- Negara – Pembalap – Konstruktor
1949 UK Leslie Graham AJS
1950 ITA Umberto Masetti Norton
1951 UK Geoff Duke Norton
1952 ITA Umberto Masetti Gilera
1953 UK Geoff Duke Gilera
1954 UK Geoff Duke Gilera
1955 UK Geoff Duke Gilera
1956 UK John Surtees MV Agusta
1957 ITA Libero Liberati Gilera
1958 UK John Surtees MV Agusta
1959 UK John Surtees MV Agusta
1960 UK John Surtees MV Agusta
1961 RAN Gary Hocking MV Agusta
1962 UK Mike Hailwood MV Agusta
1963 UK Mike Hailwood MV Agusta
1964 UK Mike Hailwood MV Agusta
1965 UK Mike Hailwood MV Agusta
1966 ITA Giacomo Agostini MV Agusta
1967 ITA Giacomo Agostini MV Agusta
1968 ITA Giacomo Agostini MV Agusta
1969 ITA Giacomo Agostini MV Agusta
1970 ITA Giacomo Agostini MV Agusta
1971 ITA Giacomo Agostini MV Agusta
1972 ITA Giacomo Agostini MV Agusta
1973 UK Phil Read MV Agusta
1974 UK Phil Read MV Agusta
1975 ITA Giacomo Agostini Yamaha
1976 UK Barry Sheene Suzuki
1977 UK Barry Sheene Suzuki
1978 USA Kenny Roberts Yamaha
1979 USA Kenny Roberts Yamaha
1980 USA Kenny Roberts Yamaha
1981 ITA Marco Lucchinelli Suzuki
1982 ITA Franco Uncini Suzuki
1983 USA Freddie Spencer Honda
1984 USA Eddie Lawson Yamaha
1985 USA Freddie Spencer Honda
1986 USA Eddie Lawson Yamaha
1987 AUS Wayne Gardner Honda
1988 USA Eddie Lawson Yamaha
1989 USA Eddie Lawson Honda
1990 USA Wayne Rainey Yamaha
1991 USA Wayne Rainey Yamaha
1992 USA Wayne Rainey Yamaha
1993 USA Kevin Schwantz Suzuki
1994 AUS Michael Doohan Honda
1995 AUS Michael Doohan Honda
1996 AUS Michael Doohan Honda
1997 AUS Michael Doohan Honda
1998 AUS Michael Doohan Honda
1999 ESP Àlex Criville Honda
2000 USA Kenny Roberts, Jr. Suzuki
2001 ITA Valentino Rossi Honda
2002 ITA Valentino Rossi Honda
2003 ITA Valentino Rossi Honda
2004 ITA Valentino Rossi Yamaha
2005 ITA Valentino Rossi Yamaha
2006 USA Nicky Hayden Honda
2007 AUS Casey Stoner Ducati
2008 ITA Valentino Rossi Yamaha
2009 ITA Valentino Rossi Yamaha
2010 ESP Jorge Lorenzo Yamaha
0 komentar:
Posting Komentar